AKUNTANSI KOMPARATIF
Satandar akuntansi adalah regulasi atau aturan (termasuk
pula hokum dan anggaran dasar) yang mengatur penyusunan laporan keuangan.
Penetapan standar adalah proses perumusan atau formulasi standar akuntansi.
Dengan demikian, standar akuntansi merupakan hasil dari penetapan standar.
Dibeberapa Negara standar akuntansi hanya berlaku untuk laporan keuangan
laporan secara tersendiri, dan bukan untuk laporan konsolidasi. Di
Negara-negara tersebut, perusahaan bebas untuk memilih standar akuntansi yang
berbeda terhadap laporan keuangan konsolidasi. Untuk memperoleh gambaran yang
lengkap mengenai bagaimana akuntansi bekerja disuatu Negara, kita harus
memberikan perhatian terhadap proses penetapan standar akuntansi, standar akuntansi
yang dihasilkan dan praktik sebenarnya. Auiding menambah kredibilitas laporan
keuangan. Dengan demikian, kita juga harus membahas peranan dan tujuan auditing
di Negara-negara yang akan dibahas.
Penetapan standar akuntansi umumnya melibatkan gabungan kelompok
sector swasta dan public. Sector swasta meliputi profesi akuntansi dan kelompok
lain yang dipengaruhi oleh proses pelaporan keaungan seperti pengguna dan
penyusun laporan keuangan dan para karyawan. Sector public termasuk badan-badan
seperti otoritas pajak, kementrian yang bertanggung jawab atas hokum komersial
dan komisi pasar modal. Bursa efek juga memengaruhi proses tersebut dan mungkin
termasuk dalam sector swasta atau public, tergantung negaranya. Peranan dan
pengaruh kelompok-kelompok ini dalam penetapan standat akuntansi berbeda dari
satu Negara ke Negara lain. Perbedaan-perbedaan ini membantu menjelaskan
mengapa satndar akuntansi berbeda-beda di seluruh dunia.
Hubungan antara standar akuntansi dan praktik akuntansi
sangat rumit dan tidak selalu bergerak dalam satu arah yang sama. Dalam
bnebepara kasus, praktik berasal dari standar; pada kesempatan lain, standar
berasal dari praktik. Prakrik dapat dipengaruhi oleh kekuatan-kekuatan pasar
seperti yng berkaitan dengan kompetisi terhadap dana dalam pasar modal.
Perusahaan yang bersaing untuk memperoleh dana secara sukarela dapat
menyediakan informasi melebihi apa yang diharuskan sebagai respons terhadap
permintaan para investor dan pihak lain terhadap informasi. Jika permintaan
terhadap informasi tersebut cukup kuat, standar dapat diubah untuk mewajibkan
pengungkapan yang sebelumnya bersifat sukarela.
Eman system akuntansi nasional
Prancis
Merupakan pendukung utama penyeragaman akuntansi nasional di
dunia. Kementrian Ekomnomi Nasional menyetujui plan comptable general (kode
akuntansi nasioanal) resmi yang pertama pada bulan September 1947. Revisi kode
tersebut dilakukan pada tahun1957. Revisi selanjutnya terjadi pada tahun 1982
berdasarkan Direktif Keempat Uni Eropa. Pada tahun 1986, rencana tersebut
diperluas untuk melaksanakan ketentuan dalan Direktif Ketujuh UE terhadap
laporan keuangan konsolidasi dan revisi lebih lanjut pda tahun 1999.
Plan Comptable General berisi:
•Tujuan dan prinsip akuntansi serta pelaporan keuangan
•Devisisi akitiva, kewajiban, ekuitas pemegang saham,
pendapatan dan beban
•Aturan pengakuan dan penilaian
•Daftar akun standar, ketentuan mengenai penggunaanya, dan
ketentuan tata buka lainnya
•Contoh laporan keuangan dan penyajian-penyajiannya
Akuntansi di Prancis sangat terkait dengan kode sehingga
sangat mungkin untuk melewatkan kenyataan bahwa legilasi hokum komersial (yaitu
code de Commerce) dan hokum pajak sebenarnya menentukan banyak praktik
akuntansi dan pelaporan keuangan di Prancis. Keduanya ada sebelum rencana.
Setiap peusahaan harus memiliki manual akuntansi, jika
perusahaan yakin bahwa memahami dan mengndalikan proses akuntansi merupakan
sesuatu , jika perusahaan yakin bahwa memahami dan mengndalikan proses
akuntansi merupakan sesuau yang perlu. Setidaknya, manual ini mencakup diagram
arus yang lengkap dan penyelesaiann arus keseluruhan sisitem akuntansi,
deskripsi seluruh prosedur pengelolaan data, pernyataan kompeherensif mengenai
prinsip akuntansi yang mendasari laporan keuangan tahunan, da prosedur yang
digunakan dalam perhitungan persediaan tahunan yang wajib dilakukan. Cirri
khusus akuntansi di Prancis aadalah terdapatnya dikotomi antara laporan
keuangan perusahaan secara tersendiri dengan laporan keuangan kelompok usaha
yang dikonsololidasikan.
Regulasi dan penegakan aturan akuntansi
Lima organisasi utama yang terlibat dalam proses penetapan
standar di Prancis. Untuk memberikan gambaranynag sebenarnya an sewajarnya
(image fidele), laporan keuangan harus disusun sesuai dengan peraturan
(regularite) dan dengan nilai baik (sincerite). Cirri utama pelaporan di
Prancis ketentuan mengenai pengungkapan catatan kai yangekstensif dan detail,
ysg meliputi hal-hal berikut:
·
Penjelasan mengenai
aturan pengukuran yang diberlakukan
·
Perlakuan
akuntansi untuk pos-pos dalam mata uang asing
·
Laporan perubahan
aktiva tatap dan depresiasi
·
Detail provisi
·
Detail revaluasi
yang dilakukan
·
Analisis piutang
dan utang sesuai masa jatuh tempo
·
Daftar anak
perusahaan dan kepemilikan saham
·
Jumlah komitmrn
pension dan imbalan pascakerja lainnya
·
Detail pengaruh
pajak terhadap laporan keuangan
·
Rata-rata jumlah
karyawan sesuai golongan
·
Analisis
pendapatn menurut aktivitas dan geografis
Pengukuran akuntansi
Akuntansi untuk perusahaan secara individual merupakan dasar
hokum untuk membagikan deviden dan menghitung pendapatan kena pajak. Aktiva
berwujud umumnya dinilai berdasarkan biaya historis. Aktiva tatap
didepresiasikan menurut provisi pajak, umumnya menurut dasar garis lurus atau
saldo berganda.persediaan harus dinilai sebesar nilai yang lebih rendah antara
biaya atau nilai realisasi dengan menggunakan metode FIFO atau rata-rata
tertimbang. Biaya penelitian dan pengembangan debebankan pada saat terjadinya,
namun dikapitalisasikan dalam keadaan yang tertentu. Jika dikapitalisasi, biaya
penelitian dan pengembangan harus diamortisasi selama tidak lebih dari 5 tahun.
Jerman
Lingkungan akuntansi di Jerman mengalami perubahan terus
menerus dan hasilnya luar biasa sejak berakhirnya Perang Dunia II. Pada awal
tahun 1970-an, Uni Eropa mulai mengeluarkan direktif harmonisasi, yang harus
diadopsi oleh Negara-negara anggotanya ke dalam hokum nasional. Direktif Uni
Eropa ynag Keempat, Ketujuh dan Kedelapan seluruhnya masuk ke dalam hokum
jerman melalui Undang-undang Akuntansi Kompeherensif yang diberlakukan pada
tanggal 19 Desember 1985. Legislasi ini merupakan sesuatu yang luar biasa
karena (1) mengintegrasikan seluruh ketentuan di jerman mengenai akuntansi,
pelaporan keuangan, pengungkapan dan auditing ke dalam satu undang-undang saja;
(2) undang-undang ini bersifat sama khususnya dengan buku ketiga Hukum
Komersial Jerman (HGB), sehingga berlaku bagi semua jenis badan usaha, mulai
dari persekutuan terbatas sehingga perusahaan yang sahamnya dimiliki public; dan
(3) legislasi ini utamanya didasarkan pada konsep dan praktik di Eropa.
Regulasi dan penegakan aturan akuntansi
Undang-undang tentang Pengendalian dan Transparansi tahun
1988 memperkenalkan kaharusan bagi Kementrian Kehakiman utuk mengakui badan
swasta yang menetapkan standar nasional untuk memenuhi tujaun berikut:
•Mengembangkan rekomendasi atas penerapan standar akuntansi
dalam laporan keuangan konsolidasi
•Memberikan nasihat kepada Kementrian Kehakiman atas
legislasi akuntansi yang baru
•Mewakili jerman dalm organisasi akuntansi internasional,
seperti IASB.
Pelapoarn keuangan
Undang-undang akuntansi tahun 1985 secara khusus menentukan
isi dan bentuk laporan keuangan, yang meliputi: (1) Neraca; (2) Laporan laba
rugi; (3) Catatan atas laporan keuangan; (4) Laporan manajemen; (5) Laporan
auditor. Cirri utama pelaporan keuangan di jerman adalah laporan secara pribadi
oleh auditor kepada dewan direktur pengelola perusahaan dan dewa pengawas
perusahaa. Laporan ini berisi pendapat terhadap prospek masa depan perusahaan,
dan khususnya factor-faktor yang mengancam kelangsungan hidup perusahaan.
Pengukuran akuntansi
Dua bentuk metode pembelian yang diizinkan adalah: metode
nilai buku dan metode revaluasi (pada dasarnya kedua metode ini berbeda dalam perlakuan
atas hak kepemilikan minoritas). Aktiva dan kewajiabn dari perusahaan yang
diakuisi dinilai sebesar nilai kini dan jumlah yangtersisa merupakan goodwill.
Goodwill dapat disalinghapuskan terhadap cadangan dalam ekuitas atau
diamortisasi secara sistematis selama seumur mamfaat ekonominya. Hokum tersebut
menyebutkan periode 4 tahun sebagai periode amortisasi regular, akan tetapi
periode sehingga 20 tahun masih dapat diterima.
Jepang
Untuk memahami akuntansi de jepang, seseorang harus memahami
budaya, praktik usaha dan sejarah jepang. Jepang mrupakan masyarakat
tradisional dengan akar budaya dan agama yang kuat. Kesadaran kelompok dan
saling ketargantungan dalam hubungan pribadi dan perusahaan berlawanan dengan
hubungan independen yang wajar diantara individu-individu dan kelompok di
Negara-negara Barat.
Regulasi dan penegakan aturan akuntansi
Pemerintah nasional masih memiliki pengaruh paling
signifikan terhadap akuntansi di jepang. Regulasi akuntansi didasarkan pada
tiga undang-undang: Hukum Komersial, Undang-undang Pasar Modal dan
Undang-undang Pajak Penghsilan Perusahaan. Ketiga hokum tersebut berhubungan
dan berkaitan satu sama lain. Seorang peneliti Jepang menyebut keadaan tersebut
sebagai “system hokum segitiga.”
Pelaporan keuangan
Perusahaan yamg didirikan menurut Hukum KOmersial diwajibkan
untuk menyusun laporan wajib yang harus mendapat persetujuan dalam rapat
tahunan pemegang saham, yang berisi: (1) Neraca; (2) Laporan laba rugi; (3)
Laporan usaha; (4) Proposal atas penentuan penggunaan laba ditahan; (5) Skedul
pendukung.
Pengukuran akuntansi
Metode ekuitas digunakan untuk mencata usaha patungan;
konsolidasi secara proporsional tidak diperbolehkan. Persediaan dapat dinilai
berdasarkan biaya perolehan atau nama yang lebih rendah antara biaya atau harga
pasar; namun biaya yang paling banyak digunakan. Sedangkan biaya penelitian dan
pengembangan dibebankan pada saat terjadinya. Sewa guna usaha ynag mengalihkan
kepemilikan kepada pihak penyewa harus dikapitalisasikan.
Belanda
Belanda memiliki ketentuan akuntansi dan pelaporan keuangan
yang relative permisif, tetapi standar praktik professional ynag sangat tinggi.
Belanda merupakan Negara hokum kode, namun akuntansinya berorientasi pada
penyjian wajar. Pelaporan keuangan dan akuntansi pajak merupakan dua aktivitas
terpisah. Belanda merupakan salah satu pendukung pertama atas standat
internasional untuk akuntansi dan pelaporan keuangan, dan pernyataan IASB
menerima perhatianbesar dalam menentukan praktik yang dapat diterima. Belanda
juga menjadi tempat bagi beberapa perusahaan multinasional terbesar di dunia.
Regulasi dan pengakuan aturan akuntansi
Regulasi di belanda tetap liberal hingga tahun 1970 ketika
Undang-undang Lppran Keuangan Tahunan diberlakukan. Undang-undang tersebut
merupakan bagian dari program besar perubahan dalam bidang hikum [erusahaan dan
diperkenalkan sebagian untuk mencerminkan harmonisasi hokum perusahaan di dalam
UE yang akan terjadi.dewan pelaporan tahunan mengeluarkan tuntutan terhadap
prinsip akuntansi yang dapat diterima secara umum. Dewan tersebut memiliki
anggota yang berasal dari tiga kelompok berbeda: (1) Penyusunan laporan
keuangan; (2) Penggunaan laporan keuangan; (3) Auditor laporan keuangan
Pelaporan keuangan
Kualitas pelaporan keuangan belanda sangat seragam. Laporan
keuangan wajib harus disusun dalam bahasa belanda, namun dalam bahasa Inggris,
Prancis, dan Jerman dapat diteima. Laporan keuangan harus memuat hal-hal: (1)
Neraca; (2) Laporan alba rugi; (3) Catatan-catatan; (4) Laporan direksi; (5)
Informasi lain yang direkomendasikan.
Pengukuran akuntansi
Meskipun metode penyatuan untuk penggabungan usaha dapat
digunakan dalam kondisi tertentu, metode tersebut sudah jarang digunakan di
belabda. Yang umum digunakan adalah metode pembelian.goodwill merupakan
perbedaan antara biaya akuisi dengan nilai wajar aktiva dan kewajiban yang
dibeli. Fleksibilitas Belanda dalam pengukuran akuntansi dapat terlihat dengan
diperbolehkannnya penggunaan nilai kini untuk aktiva berwujud seperti
persediaan dan aktiva yang disusutkan.
Inggris
warisan akuntansi inggris bagi dunia sangat penting. Inggris
merupakan Negara pertama di dinia yang mengembangkan profesi akuntansi yang
kita kenal sekarang.konsep penyajian hasil dan posisi keuangan yang wajar juga
berasal dari inggris.
Penetapan standar di inggris berkembang dari rekomendasi
atas prinsip akuntansi hingga pembentukan Komite Pengaruh Standar Akuntansi
pada tahun 1970, yang kemudian dinamakan sebagai Komite Standar akuntansi.
Pelaporan akuntansi
Pelaporan keuangan Inggris termasuk yang paling komprehensif
di dunia. Laporan keuangan umumnya mencakup: (1) Laporan Direksi; (2) Laporan
laba dan rugi dan neraca; (3) Laporan arus kas; (4) Laporan total keuntungan dn
kerugian yang diakui; (5) Laporan kebujakan akuntansi; (6) Catatan atas
referensi dalam laporan keuangan; (7) Laporan auiditor.
Pengukuran akuntansi
Berdasarkan metode akuisis, goodwill dihitung sebagai
perbedaan antara nilai wajar penyerahan yang dilakukan dan nilai wajar akitiva
yang diperoleh. Aktiva dapat dinilai dengan menggunakan biaya historis, biaya
kini atau menggunakan gabungaan keduanya. Oleh karena itu, revaluasi terhadap
tanah dan gedung diperbolehkan. Depresiasi dan amortisasi harus berhubungan
dengan dasar pengukuran yang digunakan terhadap aktiva terkait. Pengeluaran
riset dihapusbukukan pada tahun terjadi pengeluaran dan dalam kondisi tertentu
biaya pengembangan dapat ditangguhkan.
Amerika Serikat
Akuntansi di Amerika Serikat diatur oleh badan sector
swasta, tatapi sebuah lembaga pemerintah juga memiliki kekuasaan untuk
menetapkan standarnya sendiri. Kunci utama yang yang menghubungkan dua system
kekuasaan yang terbagi ini sehingga dapat bekerja secara efektif adalah SEC
Accounting Series Relase No. 150 tahun 1973.
Pengukuran dan pengakuan aturan akuntansi
Perusahaan di AS dibentuk berdasarkan hokum bagian Negara
bagian, bukan hokum federal. Setiap Negara bagian memiliki hokum perusahaannya
sendiri; secara umum, hokum berisi ketentuan minimal atas pencatatan akuntansi
dan penerbitan laporan keuangan secara periodic. Banyak hokum perusahaan ini
yang tidak ditegakkan secara ketat dan laporan yang diserahkan kepada
badan-badan local sering kali tidak tersedia untuk public.
Prinsip-prinsip akuntansi yang diterima secara umum terdiri
dari seluruh standar, aturan, dan regulasi akuntansi keuangan yang harus
diperhatikan ketika menyusun laporan keuangan. SFAS merupakan komponen dalam
GAAP. Regulasi akuntansi dan auditing di Amerika Serikar mungkin merupakan yang
paling padat bila dibandingkan dengan gabungan regulasi Negara lain di dunia
secara substansi paling detail disbandingkan nrgara-negara lain.
Pelaporan keuangan
Laporaan keuangan tahunan yang semestinya dibuat oelh sebuah
perusahaan AS yang besar meliputi Komponen seperti; (1) Laporan manajemen; (2)
Laporan audit independen; (3) Laporan keuangan utama; (4) Diskusi manajemen dan
analisis atas hasil operasi dari kondisi keuangan; (5) Pengungkapan atas
kebujakan akuntansi dengan pengaruh paling penting terhadap laporan keuangan;
(6) Catatan atas laporan keuangan; (7) Perbandingan data laporan keuangan
tertentu selama lima tahun atau sepuluh tahun; (8) Data kuartal terpilih.
Pengukuran akuntansi
Pengukuran dengan dasar akrual sangat luas dan pengakuan
transaksi dan peristiwa sangat bergantung pada konsep penandingan. Penggabungan
usaha harus dicatat sebagai sebuah pembelian. Sedangkan biaya historis untuk
menilai aktiva berwujud dan tidak berwujud. Metode LIFO, FIFO, dan rata-rata
diperbolehkan dan digunakan secara luas dalam penentuan harga persediaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar