Efek –efek Ekonomis Koperasi
Efek Harga Dan Efek Biaya
Analisis Hubungan Efek Ekonomis Dengan Keberhasilan Koperasi
Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Efek –efek Ekonomis Koperasi
Salah
satu hubungan yang paling penting yang harus dilakukan koperasi adalah
dengan para anggotanya, yang kedudukannya sebagai pemilik sekaligus
pengguna jasa koperasi. Jika koperasi dipandang dari sudut ekonomi,
pengertian koperasi dapat dinyatakan dalam criteria indentitas yaitu
anggota sebagai pemilik sekaligus sebagai pelanggan. Menurut Ropke
koperasi adalah suatu organisasi bisnis yang para pemiliknya atau
anggotanya adalah juga pelanggan utama perusahaan tersebut.
Efek Harga Dan Efek Biaya
Kemanfatan
ekonomis yang dimaksud adalah intensif berupa pelayanan barang-jasa
oleh perusahaan koperasi yang efisien, atau adanya pengurangan biaya
dan atau diperolehnya harga menguntungkan serta penerimaan bagian
keuntungan (SHU) baik dalam bentuk tunai maupun dalam bentuk barang.
Analisis Hubungan Efek Ekonomis Dengan Keberhasilan Koperasi
Dalam
badan usaha koperasi, laba (profit) bukanlah satu-satunya yang dikejar
oleh manajemen, melainkan juga aspek pelayanan (benefit oriented).
Ditinjau dari konsep koperasi, fungsi laba bagi koperasi tergantung
pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan
koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin
tinggi manfaat yang diterima oleh anggotanya.
Keberhasilan koperasi
ditentukan oleh salah satu faktornya adalah partisipasi anggota dan
partisipasi anggota sangat berhubungan erat dengan efek ekonomis
koperasi yaitu manfaat yang didapat oleh anggota tersebut.
Penyajian dan Analisis Neraca Pelayanan
Disebabkan
oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan perubahan lingkungan
koperasi, terutama tantangan kompetitif, pelayanan koperasi terhadap
anggota harus secara kontinu disesuaikan.
Bila koperasi mampu
memberikan pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan anggota yang lebih
besar dari pada pesaingnya, maka tingkat pertisipasi anggota terhadap
koprasinya akan meningkat. Untuk meningkatkan pelayanan, koperasi
memerlukan informasi-informasi yang datang terutama dari anggota
koperasi.
sumber :
http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_8481/title_evaluasi-keberhasilan-koperasi-dilihat-dari-sisi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar